Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

"Selamat Datang di Web Site SMA Muhammadiyah 1 Sekampung Udik"

Selasa, 08 Oktober 2013

Sejarah Singkat



SMA Muhammadiyah 1 Sekampung Udik didirikan pada tahun 1982 dengan nama SMA Muhammadiyah Mengandungsari, Jumlah siswa pada waktu itu sebanyak 35 orang. Pada awal didirikan SMA Muhammadiyah Mengandungsari dipimpin oleh Bapak S.Hadi Pandoyo BA sebagai Kepala Sekolah. Dalam penyelenggaraan pendidikan, Kepala Sekolah dibantu 8 (delapan) orang guru dan 1 (satu) orang pegawai Tata Usaha. Nama-nama guru dan pegawai Tata Usaha yang mengabdi pada waktu itu adalah:

1. S. Hadi Pandoyo, BA 
2. Shodri Nasib BA
3. Drs. Sumardi  
4. Sudarno
5. M. Bashori
6. R. Suradal. BA
7. Drs. Jazim
8. Drs. Suharsono

SMA Muhammadiyah Mengandungsari didirikan atas prakarsa Pimpinan Cabang Muhammadiyah Bagian Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan, yang merupakan satu-satunya SLTA di desa Mengandungsari,

Pada waktu berdiri SMA Muhammadiyah baru memiliki 2 lokal belajar, yang pada pagi hari dipakai untuk belajar siswa SMP Muhammadiyah yang sudah memasuki tahun ketiga. dan kegiatan belajar mengajar berlangsung sore hari bertempat di Kompleks Muhammadiyah. Upaya untuk memiliki gedung sekolah sendiri terus dilakukan oleh Muhammadiyah dengan menggali bantuan dari Anggota dan Simpatisan Muhammadiyah; bantuan dari masyarakat Mengandungsari serta bantuan dari Pemerintah. Kerja keras Muhammadiyah dari waktu ke waktu akhirnya pada tahun 2007 dapat mewujudkan berbagai fasilitas belajar antara lain : 10 ruang belajar 1 buah Masjid, 1 buah Lab IPA, Perpustakaan, Lab Komputer, Lab Multi Media, Lapangan (Basket, Bulu tangkis, Volley, Futsal). Dan 1 unit Kantor 2 lantai.
Dari sisi Status, SMA Muhammadiyah berstatus 'Diakui' pada tahun 1989 dan berhak menyelenggarakan Ujian sendiri, dan pada tahun 2007 telah status dengan Terakreditasi 'B'.
Para alumni SMA Muhammadiyah banyak yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri seperti Universitas Gajah Mada Yogyakarta dan Universitas Lampung, baik melalui jalur PMDK / PBUD maupun (SPMB) Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru

SMA Muhammadiyah sejak berdiri hingga sekarang telah mengalami pergantian Kepala Sekolah sebanyak 6 (enam kali. Secara berturut-turut dari Kepala Sekolah pertama hingga sekarang ini adalah:

1. S. Hadi Pandoyo BA.  Tahun 1982 s.d Tahun 1992
2. Shodri Nasib. BA.  Tahun 1993 s.d Tahun 2001
3. Drs.Sumardi. Tahun 2001 s.d Tahun 2002
4. Misdar, S.Pd. Tahun 2003 s.d Tahun 2006
5. M. Thohir, S.Sos.I. Tahun 2006 s.d sekarang

SMA Muhammadiyah 1 Sekampung Udik melaksanakan ujian pertama kali tahun 1985. Alumni pertama sebanyak 32 orang. Sudah bannyak Alumni SMA Muhammadiyah 1 Sekampung Udik yang telah sukses dalam meniti kariernya sebagai guru, dosen, dokter, birokrat, politikus, TNI, Polisi maupun Pengusaha.

Please Give Us Your 1 Minute In Sharing This Post!
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →

0 komentar:

Posting Komentar